Kata istilah dalam ber-Internet

Posted: 20 April 2011 in Uncategorized

Bandwith adalah jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam detik).

Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

Browsing adalah seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, bermain game, menulis blog, mengirim e-mail, dan lain sebagainya. Contoh produknya adalah internet explorer, opera, mozilla firefox dll.

Chatting adalah suatu feature dalam internet untuk berkomunikasi sesama pemakai internet yang sedang online. Perangkat lunak yang dapat digunakan untuk chatting seperti mirc, icq, turboirc, yahoo messanger dan lain-lain.

Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.

Download adalah sebuah istilah bahasa inggeris yang artinya menyalin file (berkas) dari internet untuk di simpan di komputer yang sedang anda gunakan. File yang di-download bisa berupa dokument, lagu mp3, gambar, ringtone dan sebagainya. Aplikasi khusus yang biasa digunakan untuk mendownload adalah internet download manager, you tube downloader untuk download video, dan lain-lain.

Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat.

Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa

Homepage adalah halaman web yang langsung keluar ketika program browser dijalankan. Kebanyakan orang mengatur homepagena untuk email, chatting, atau situs yang sering dikunjungi secara berkala.

Html adalah, hypertext markup language – bahasa standar yang digunakan browser internet untuk membuat halaman dan dokumen yang dipajang pada web. Selain memungkinkan komputer berkomunikasi, html juga menyediakan link di antara file-file yang ada di komputer yang berbeda dan dipisahkan oleh jarak yang jauh

Hypertext transfer protocol (http) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk world wide web.

Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet protocol suite (tcp/ip) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Online adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar. Online merupakan kebalikan dari offline.

Proxy adalah mekanisme dimana satu sistem menyediakan diri untuk sistem lain sebagai tanggapan atas permintaan untuk suatu protokol. Sistem proxy digunakan dalam pengelolaan jaringan untuk mencegah implementasi tumpukan protokol sepenuhnya dalam perangkat yang sederhana, misalnya sebuah modem.  Proxy server bekerja dengan menjembatani komputer ke internet. Program internet seperti browser, download manager dan lain-lain berhubungan dengan proxy server, dan proxy server tersebut yang akan berkomunikasi dengan server lain di internet.

Rss adalah singkatan dari really simple sindication, yakni satu sistem sindikasi yang memungkinkan untuk mendapatkan update/artikel terbaru dari situs-situs favorit anda secara otomatis.

Search engine merupaka mesin pencari web atau yang lebih dikenal dengan istilah web search engine merupakan program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya.

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan ram yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system.

Upload adalah kegiatan menambah atau menyalin file ke dalam suatu system komputer dengan cara memindahkan file yang lokasinya di komputer lokal ke komputer remote. File upload sering kali kita jumpai dalam suatu aplikasi web. Sebagai contohnya aplikasi web-mail, menggunakan file upload sebagai cara untuk melampirkan lampiran/attachment ketika user yang mempunyai account dalam web-mail tersebut ingin mengirimkan email dengan attachment.

Waring wera wanua atau world wide web (disingkat sebagai www atau web) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut uniform resource identifier (uri) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. Www sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.

Web widget merupakan sekumpulan kode yang disediakan 3rd party, dan dapat diintegrasikan (copy paste) ke dalam website tanpa memerlukan kompilasi tambahan dan prosedur yang rumit.

Wifi(wireless fidelity) atau  disebut nirkabel, adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi infra merah pada remote tv) atau gelombang radio (seperti bluetooth pada komputer dan ponsel) dengan frekuensi tertentu.

Wireless adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s