Logam(Solid) Berbahaya

Posted: 20 April 2011 in Artikel
Tag:

Logam berbahaya ada yang dibutuhkan oleh tubuh tapi jika berlebihan akan mengganggu kesehatan manusia. Logam merupakan suatu zat kimia yang bisa terdapat pada makanan. Kehadirannya biasanya berasal dari alat-alat yang dipergunakan ketika mengolah makanan. Yaitu alat-alat yang terbuat atau dilapisi dengan bahan-bahan kimia tersebut maupun dari cara-cara penanganan lainnya. Juga kadang-kadang terdapat pada alat-alat rumah tangga yang terbuat dari logam stainless seperti sendok cocktail yang dilapisi timah, mangkok keramik yang dapat mengeluarkan Pb dan lain-lainnya.  Berikut contoh-contoh logam berbahaya :

1.Arsen (As)

Arsen adalah suatu zat kimia yang sering terdapat pada makanan, minuman dan kosmetik. Arsen dapat merusak ginjal, jika keracunannya kuat sekali. Senyawa Arsen sulit dideteksi karena tidak memiliki rasa yang menonjol. Sering digunakan sebagai bahan dalam kosmetik dan pada insektisida. Gejela-gejela keracunan Arsen adalah sakit kerongkongan, sukar menelan, menyusul rasa nyeri lambung serta muntah-muntah.

2.Timbal (Pb)

Timah Hitam ini umumnya terdapat pada makanan, air dan obat-obatan terutama apabila kemasannya menggunakan unsur timah. Bersifat kumulatif artinya keracunan dapat timbul bila kadar Pb menumpuk dalam tubuh.

Gejela yang timbul jika terjadi keracunan Pb adalah muntah-muntah, sekresi menyerupai susu, sakit perut dan nyeri perut yang sangat hebat. Pb juga menyerang syaraf, memperketat kerja ginjal sehingga cepat rusak dan dalam kasus yang berat dapat menyebabkan kematian. Reaksi lain yang berbahaya yaitu reaksi alergi yang mengakibatkan iritasi dan pembengkakan kulit.

3.Mercury (Hg)

Gejela-gejela keracunan Hg timbul antara lain pada mulut dan pharyax yaitu terdapat bercak-bercak warna abu-abu. Keadaan ini disertai perasaan nyeri, sehingga sering timbul keluhan rasa sakit pada mulut dan lambung. Bila lambung dapat dikosongkan dengan segera, kemungkinan untuk tertolong bagi si penderita sangat besar. Racun ini menimbulkan bercak-bercak darah yang berat dan hebat, serta menyebabkan shock yang membawa kematian, Karen colopas pembuluh darah.

4.Cadmium (Cd)

Biasanya Cadmium terdapat pada tempat wadah makanan olahan, pemakaian Cadmium ini sudah mulai dilarang karena dapat menyebabkan makanan kaleng terserang hama Cadmium. Konsumsi Cadmium ini dalam kadar 30% mg dapat meracuni dan dapat menyebabkan gejela-gejela yang Nampak adalah :

Timbulnya bau/rasa kaleng yang tidak enak da dalam mulut. Sesak napas disertai dengan batuk-batuk, pusing-pusing kepala. Badan terasa lemah dan kaki terasa pegal-pegal lama kelamaan ginjal dan hati akan rusak.

Gejela-gejela lain yang Nampak dalam waktu ¬Ĺ sampai 1 jam adalah pusing kepala, kejang otot, shock sampai mengakibatkan¬† kematian dalam waktu 24 jam.

5.Copper (Cu)

Adanya Cu pada makanan ini disebabkan terutama karena penggunaan insektisida dan pestisida di dalam usaha-usaha pertanian. Banyak pula kasus-kasus keracunan terjadi karena adanya Cu dalam tempat wadah untuk makanan atau minuman. Cu yang masuk dalam mulut akan merusak ginjal, hati dan syaraf pusat. Gejela-gejela yang nampak adalah hawa mulut berbau, kerongkongan dan perut kering, rasa ingin muntah atau diare terus menerus selama berhari-hari, terdapat darah pada kotoran (feses), pusing-pusing dan demam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s