Keajaiban Wudhu bersama Air

Posted: 30 April 2011 in Artikel
Tag:

Shalat didahului dengan sebuah aktivitas luar biasa yang bernama wudhu. Selain untuk bersuci, wudhu sebetulnya mempersiapkan seseorang untuk memasuki shalat, sehingga dengan wudhu membuat nafas dan aliran darah seseorang berjalan lancar dan siap pergi ke masjid. Berkat air wudhu itu, tubuh menjadi lebih segar dan giat beribadah.

Setelah selesai berwudhu, seseorang keluar ke masjid untuk melaksanakan shalat. Pada saat itulah, ia sebenarnya sedang melaksanakan sebuah olahraga yang paling penting dan telah dikenal oleh semua orang yaitu berjalan. Ia memulai proses pemanasan. Persis seperti yang dilakukan para atlet sebelum mengikuti berbagai olahraga. Ini penting agar otot-otot dan persendian tubuh menjadi bersemangat dan sistem aliran darah dan sistem pernafasan semakin baik. Sistem pencernaan juga akan dapat berfungsi dengan baik.

Wudhu merupakan sebuah terapi dengan menggunakan air. Dalam dunia kedokteran, terapi air telah lama dikenal. Simon Baruch (1840-1921) seorang dokter dari Amerika telah menciptakan sebuah teori yang dikenal dengan hokum Baruch. Teori ini menjelaskan bahwa air memiliki daya penenang jika suhu air sama dengan suhu kulit, sedangkan bila suhu air lebih tinggi atau rendah, maka ia akan memberikan efek stimulasi atau merangsang saraf. Pengobatan air atau disebut hidroterapi memiliki beberapa manfaat dan efek, yang akan disebutkan sebagai berikut :

Pertama, berendam atau menyeka tubuh dengan air dingin akan memberikan efek mendinginkan dan merangsang saraf tubuh atau bagian tubuh. Sebab, air dingin akan mengerutkan kapiler.

Kedua, menyeka dengan air dingin dan air hangat secara bergantian akan merangsang sistem kardiovaskuler.

Ketiga, berendam dalam air atau mandi di pancuran yang hangat akan berkhasiat melemaskan semua otot tubuh.

Keempat, mandi air hangat akan melepaskan jaringan dan berefek pada kapiler-kapiler di kulit. Hal ini karena banyak darah dari jaringan yang akan ditarik ke kulit. Di samping itu, air hangat juga dapat mengurangi rasa nyeri.

Kelima, berendam dan mandi air hangat dalam waktu pendek berkhasiat menghilangkan rasa lelah dan menghilangkan ketegangan.

Keenam, mandi dan menyeka dengan air dingin atau air hangat akan menjinakkan saraf kulit dan saraf organ-organ intern. Saat ini banyak orang menggunakan air sebagai terapi untuk mempengaruhi kejiwaan seseorang, terbukti dengan banyaknya usat kebugaran yang menggunakan efek air.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s