10 Atlet yang Paling Ditunggu di Olimpiade London

Posted: 18 Mei 2012 in Artikel

Teman-teman sebentar lagi Olimpiade London akan segera dimulai. Mengingat akan hal itu maka kita perlu tahu siapa-siapa saja sih Atlet Dunia yang diprediksi akan On Fire di London nanti, berikut nama-namanya :

1. Usain Bolt (Atletik)

Sprinter asal Jamaika ini membuat semua orang tercengang kala berhasil meraih tiga medali emas, sekaligus memecahkan tiga rekor dunia nomor lari 100m, 200m, dan estafet 4x100m, di Olimpiade Beijing 2008. Sejak saat itu, pelari berjuluk Lightning Bolt tersebut seolah tidak terkalahkan dengan memenangi lima medali emas dari dua edisi terakhir Kejuaraan Dunia Atletik. Tiket pertandingan untuk melihat aksi pria berusia 25 tahun itu diprediksi akan laris manis, karena Bolt sesumbar akan mempertajam catatan waktunya di nomor lari 100m menjadi di bawah 9,5 detik!

2. Yelena Isinbayeva (Atletik)

Ratu lompat galah asal Rusia ini berhasil menggabungkan keanggunan dan kekuatan untuk terus meningkatkan tinggi lompatan sejak meraih rekor dunia pertamanya dengan catatan 4,82 meter di Gateshead, pada 2003. Sejak saat itu, Wanita kelahiran Volgograd tersebut berhasil meraih lima gelar di Kejuaraan Dunia, medali emas di Olimpiade Athena dan Beijing, serta mencatat rekor lompatan sejauh 5,06 meter. Jika Isinbayeva menang di London, maka ia akan menjadi atlet atletik wanita pertama yang meraih medali emas dalam tiga gelaran Olimpiade secara beruntun.

3. David Rudisha (Atletik)

Pelari spesialis jarak menengah asal Kenya ini adalah pemegang rekor dunia nomor 800 meter yang membidik medali emas Olimpiade pertamanya di London. Rudisha, juara bertahan Kejuaraan Dunia dan Atlet terbaik 2011, memiliki catatan waktu terbaik 1:41.01, yang ditorehkan di Rieti, Italia, pada 2010. Chairman Olimpiade London, Sebastian Coe, mantan pelari jarak menengah, sangat menantikan penampilan Rudisha, yang mengaku terinspirasi menjadi pelari setelah melihat video Coe beraksi.

4. Nataliya Dobrynska (Heptathlon)

Semua mata penonton di nomor heptathlon pasti akan tertuju pada persaingan antara atlet asal Ukraina ini dengan andalan tuan rumah, Jessica Ennis. Dobrynska mengejutkan dunia kala berhasil meraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 dan Kejuaraan Dunia Indoor 2012 meski tidak diunggulkan, mengalahkan Ennis dan juara bertahan, Tatyana Chernova, bahkan mengukir rekor dunia baru. Kiprah Dobrynska di London patut ditunggu, mengingat dirinya baru saja kehilangan suami yang merangkap sebagai pelatih, Dmitry Polyakov, akibat penyakit kanker.

5. Allyson Felix (Atletik)

Bintang atletik asal Amerika Serikat ini selalu saja tidak beruntung, karena belum pernah sekalipun meraih medali emas di ajang Olimpiade dan hanya sanggup meraih perak nomor lari 200m di Athena dan Beijing. Felix juga gagal meraih medali emas Kejuaraan Dunia Atletik nomor 200m untuk keempat kali secara beruntun di Daegu, pada 2011. Banyak pihak tidak sabar untuk melihat aksi Felix di London, apalagi muncul kabar bahwa ia akan turun di dua nomor sekaligus, yaitu 200 dan 400m.

6. Kenenisa Bekele (Atletik)

Prestasi hebat Bekele, yang meraih medali emas nomor lari 5.000 dan 10.000 meter di Olimpiade Beijing, harus tertutup oleh nama besar Usain Bolt. Pemegang rekor dunia di kedua nomor tersebut bisa dibilang merupakan pelari jarak jauh terhebat sepanjang masa dan menjadi atlet yang harus dikalahkan di London. Menarik untuk ditunggu, apakah pelari asal Ethiopia ini mampu mempertahankan medali emasnya, setelah dalam dua tahun terakhir diganggu masalah cedera otot yang didapat di Kejuaraan Dunia Atletik pada 2011.

7. Michael Phelps (Renang)

Perenang asal Amerika Serikat ini berhasil meraih delapan medali emas di Beijing 2008 untuk memecahkan rekor medali emas terbanyak yang bisa diraih seorang atlet dalam satu gelaran Olimpiade, mengalahkan rekor tujuh emas milik Mark Spitz di Muenchen. Pencapaian hebat tersebut memunculkan perdebatan mengenai siapakah olahragawan terbesar di muka bumi, antara Phelps atau Usain Bolt. Menarik untuk ditunggu, apakah Phelps, pengoleksi 14 medali emas Olimpiade, mampu memecahkan rekor 18 medali emas di Olimpiade milik pesenam Rusia, Larisa Latynina, di London, yang diprediksi akan menjadi Olimpiade terakhirnya.

8. Katie Taylor (Tinju)

Cabang tinju wanita yang baru pertama kali dipertandingkan di Olimpiade, akan menjadi ajang bagi petinju asal Irlandia ini untuk menambah koleksi medali emas di lemari trofinya. Taylor, yang pernah membela tim nasional sepak bola wanita Irlandia, telah meraih tiga kali juara dunia dan lima kali juara Eropa, sehingga dianggap sebagai salah satu atlet wanita terbaik dalam sejarah Irlandia. Ia juga telah menjadi selebritas dunia, karena telah bertemu Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, di Gedung Putih, serta menjadi bintang video klip rapper Inggris, Tinie Tempah, dan musisi Amerika Serikat, Travis Barker.

9. Federica Pellegrini (Renang)

Atlet kelahiran Venesia ini merupakan perenang wanita tersukses sepanjang sejarah Italia. Pellegrini saat ini merupakan pemegang rekor dunia nomor 200 dan 400m gaya bebas dan menjadi wanita Italia pertama yang meraih emas Olimpiade di cabang renang, saat memenangi nomor 200m gaya bebas, di Beijing 2008. Ia kembali menorehkan prestasi hebat kala menjadi wanita pertama yang mencatatkan waktu di bawah empat menit nomor 400m gaya bebas pada Kejuaraan Dunia 2009, di Roma. Paras cantik Pellegrini juga menjadikannya magnet bagi lensa kamera dan secara teratur muncul di sampul beberapa majalah ternama.

10. Mark Cavendish (Balap Sepeda)

Pebalap sepeda kelahiran Isle of Man ini merupakan andalan Inggris untuk meraih medali emas di nomor road race putra. Cavendish adalah pebalap sepeda asal Inggris pertama yang merebut jersey hijau (juara sprint) di gelaran balap sepeda paling prestisius di dunia, Tour de France, pada 2011. Medali emas Olimpiade London akan melengkapi prestasi pebalap yang telah 20 kali juara etape di Tour de France tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s