New Jersey Clubs of Football 2012-2013…

Posted: 23 Mei 2012 in Artikel, Uncategorized

Klub-Klub Papan Atas Eropa kini saling mulai meluncurkan Kostum/Jersey Baru mereka yang akan dikenakan musim 2012-2013. Berikut Klub-klub dan Jersey Baru mereka:

CHELSEA

Tiga strip khas Adidas untuk musim ini akan memakai warna emas, mirip seperti pada tiga strip Adidas di kostum Real Madrid. Warna emas dipilih Chelsea dan Adidas karena merefleksikan perayaan tahun olah raga di London.

Tak hanya tiga strip Adidas tersebut saja yang berwarna emas. Secara keseluruhan, logo Adidas, logo klub Chelsea, dan tulisan Samsung sebagai sponsor Chelsea juga akan tersaji dalam warna emas.

LIVERPOOL F.C.

Warrior Sports menggantikan Adidas sebagai pemasok seragam skuad asuhan Kenny Dalglish itu.

Kabarnya, Warrior Sports dan Liverpool telah menyepakati kontrak senilai 25 juta dolar AS per tahun. Nilai kontrak ini dua kali lebih banyak dari kesepakatan Liverpool dengan Adidas, senilai 12 juta dolar AS. Kontrak Warrior Sports dengan Liverpool berhasil memecahkan rekor kerjasama Nike dengan Manchester United, sebesar 23 juta dolar AS..

“Ayah saya selalu berkata kepada saya kiper harus memakai hijau Jika Anda mengenakan warna cerah dapat menarik perhatian penyerang,. Tapi dengan hijau itu seperti aku akan menyamar!” ungkap Riena.

Warrior Sports pun mendesain seragam itu agar memunculkan kesan para pemain Liverpool berbadan tinggi besar. Warrior Sports memasang slogan “Ini terinspirasi oleh kebesaran. Ini adalah tradisi modern. Ini adalah Liverpool FC. Ini akan membuat anda merasa bertinggi badan 7 kaki”.

Warrior Sports tentu berharap striker-striker mungil The Reds semacam Luis Suarez dan Craig Bellamy akan lebih ditakuti oleh bek-bek lawan dan striker bongsor Andy Caroll akan semakin menakutkan.

“Ini mengingatkan saya pada kit Liverpool dari tahun tujuh puluhan dan awal tahun delapan puluhan dan aku akan sangat beruntung untuk memakainya,” kata Bellamy.

ARSENAL

Perbedaan dengan jersey sebelumnya memang tidak terlalu mencolok. Hanya lingkar biru yang akan menghiasi bagian leher dan lengan, juga kaus kaki. Sedangkan warna dasar seragam pasukan Meriam London dipastikan tetap merah dan putih.

Perbedaaan lainnya dengan seragam yang musim ini dikenakan adalah kerah model “O” berwarna biru tua, untuk logo klub juga mengalami perbedaan, jika musim ini mengenakan logo khusus satu warna guna memperingati 125 tahun Arsenal maka untuk musim depan logo kembali berwarna dengan dominasi warna merah namun pada gambar meriam menggunakan warna emas dengan kombinasi garis putih, juga terdapat unsur biru tuan di dua sisi logo yang akan dikenakan di seragam Van Persie dkk itu.

Kehadiran detail baru tersebut rupanya terinspirasi dari kaus kaki dalam setelan kostum kandang Arsenal di era 1930an. Kala itu, armada The Gunners dilatih oleh Herbert Chapman, yang sukses mempersembahkan 3 trofi Premier League dan 1 gelar juara Piala FA selama masa bakti 1925 hingga 1934.

Chapman memang dikenal sebagai manajer yang selalu menghadirkan pembaruan. Dia lah yang mencetuskan desain anyar jersey home Arsenal untuk musim 1933-34. Pria kelahiran Inggris, 19 Januari 1878 silam, itu mengubah warna kaus yang seluruhnya merah menjadi berwarna putih di bagian lengan.

Selain itu, Chapman juga memberikan ide untuk menyematkan ring biru pada kaus kaki. Tampilan itulah yang kembali dihadirkan pada jersey home terbaru Arsenal. Ini tak lain untuk mengenang jasa mendiang pria yang wafat akibat menderita radang paru, pada 6 Januari 1934.

AC MILAN

Di Jersey Baru AC Milan ini, tampak ada perbedaan mencolok. Perbedaan tersebut terlihat pertama pada bagian leher. Musim depan jersey baru AC Milan ini akan memiliki kerah dengan warna putih. Kemudian garis merah-hitam yang pada musim ini kecil-kecil dan banyak, musim depan berubah menjadi besar dan nampak sedikit. Kostum seperti tipe klasik ini akan digunakan sebagai kostum home Milan musim depan.

BARCELONA

Untuk jersey kandang, warnanya masih akan sama seperti musim-musim sebelumnya, yaitu biru tua dengan aksen merah di bagian tengah. Warna merah, tidak lagi berada di sisi luar. Sebaliknya, warna merah akan berad di tengah, dengan diapit warna biru. Satu yang paling mencolok, tidak ada garis yang memisahkan kedua warna ini, melainkan hanya gradasi saja.

Desain ini merupakan gambaran dari filosofi klub, di mana pemain muda menembus tim lewat akademi untuk membentuk sebuah tim dengan pemain besar yang didatangkan dari luar. Kostum baru ini secara kebetulan juga menandai era baru Barcelona. Setelah empat musim ditangani Pep Guardiola, musim depan ada Tito Vilanova yang memimpin pasukan Camp Nou. Tito Vilanova sendiri sebelumnya adalah jebolan La Masia, plus merupakan asisten Pep yang memborong 13 gelar dalam empat musim.

Sementara jersey away lebih dikombinasikan dengan kuning cerah dan jingga, kombinasi yang menerangkan bagaimana gaya permainan klub.
Warna kuning dan jingga digabungkan untuk mewakili budaya, seni dan gaya dari arsitektur di ibukota Catalan.
Sponsor ‘Qatar Foundation’ akan tetap berada di bagian depan dari jersey, sementara Unicef akan ditampilkan di bagian belakang di bawah nomor punggung.

MANCHESTER UNITED

Sempat ada simpang siur mengenai alasan Nike mengaplikasikan motif Gingham pada seragam United. Rumor yang beredar, pengaplikasian motif tersebut sebagai penghormatan kepada 25 tahun karier Sir Alex Ferguson di Old Trafford.
Ya, motif kotak-kotak Gingham serupa dengan motif pakaian orang Tartan atau Skotlandia. Sir Alex Ferguson sendiri berasal dari Skotlandia.

Produsen asal AS mengatakan mengaplikasikan motif kotak-kotak pada produk yang diberi nama “Gingham Collection” adalah sejarah. Melalui motif Gingham itu, Nike mengajak penggemar United untuk mengenang masa kejayaan industri tekstil kota Manchester pada sekitar 1878. Pada tahun itu pula Manchester United berdiri.

Juru bicara United mengatakan seragam baru tersebut kental dengan unsur sejarah dan tidak biasa, Seragam tersebut tetap mengedepankan warna merah. Pada masa jayanya itu, industri tekstil Manchester membuat tren tektil dengan motif Gingham, bahkan hingga saat ini.

Dulu banyak berdiri pabrik tekstil di sekitar Old Trafford yang memroduksi kain-kain bermotif Gingham. Demi memperkuat rasa kebanggaan, Nike pun memasang tagline “At United we strive for perfection. If we fail, we might just have to settle for excellence” dalam mempromosikan seragam itu.
Sebuah slogan yang kira-kira berarti “Di United kami berusaha meraih kesempurnaan. Jika kami gagal, kami harus menerimanya dengan baik.” Kalimat itu pernah dilontarkan oleh pelatih legendaris The Red Devils, Sir Matt Busby.

REAL MADRID

Jersey baru Madrid meninggalkan warna emas yang sempat menghiasi jersey mereka di musim 2011/2012 ini. Sekarang mereka kembali menggunakan waran Biru Navy seperti ciri khas mereka dari awal. Dan tetap menggunakan warna Putih sebagai warna dasar mereka. Mereka juga menambahkan logo ulang tahun mereka yang ke-110 di lengan. Kemungkinan jersey ini akan diluncarkan bulan Juni mendatang.

INTER MILAN

MANCHESTER CITY

VALENCIA

TOTTENHAM HOTSPUR

SWANSEA CITY

EVERTON

AJAX

LYON

 

Komentar
  1. firman mengatakan:

    OL i like

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s